Pengertian/definisi Manajemen
Batasan manajemen, di
bawah ini diutarakan beberapa ahli dari Indonesia, antara lain :
1. Prof. Dr. Mr. S Prajudi Atmosudirdjo.
Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkcan orang-orang,
uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai denagan kebutuhan.
2. Dr. Sondang P Siagian, MPA. Manajemen adalah
kemampuan atau ketrampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka
pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
3. Drs. Karnadi Wargasasmita. Manajemen
adalah mengatur, mengurus, memimpin; mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah
tujuan usaha
4. Drs. The Liang Gie. Manajemen adalah
proses yang menggerakkan tindakan-tindakan dalam usaha kerjasama manusia,
sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.
Definisi manajemen yang
dikemukakan oleh beberapa ahli dari Barat, antara lain:
1. Webster’s Dictionary. Manajemen adalah tindakan
mengendalikan, kecakapan dalam menjuruskan admisistrasi (Management is the act
of managing, skill in directing administration)
2. Harold Koontz dart O’Donnell. Manajemen adalah
penyelesaian pekerjaan melalui kegiatan-kegiatan dari pada orang lain.
(Management is getting thing done through the effort of other people)
3. John D Millet. Manajemen adalah proses
pembimbingan dan penyediaan fasilitas-fasilitas kerja terhadap orang-orang
yang tergabung dalam suatu organisasi resmi untuk mencapai suatu tujuan.
(Management is the process of dircting and fasilitating the work of people
organized in formal groups to achieve a desired goal).
4. George R Terry. Manajemen adalah
pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan
orang lain. (Management is the accomplishing of a predetermined objective
through the effort of other people )
5.
Frederick W Taylor.
Beliau mengemukakan empat prinsip manajemen penting, yaitu :
a.
pengembangan metode kerja terbaik
b.
pemilihan serta pengembangan pekerja-pekerja
c.
usaha menghubungkan metode kerja terbaik dengan pekerja yang terpilih dan
terlatih
d. adanya
kerjasama antara manajer dan non manajer, kerjasama mana melalui pembagian
kerja, dan tanggung jawab manajer untuk merencanakan pekerjaan.
6.
Henry Fayol.
Ia menekankan pada
pandangannya tentang manajemen sebagai suatu hal yang terdiri dari
fungsi-fungsi.
Dari beberapa pengertian
diatas, dapat disimpulkan bahwa ‘Manajemen adalah suatu seni dan ilmu
perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari pada
sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan terlebih
dahulu atau sebelumnya.'
Fungsi Manajemen
Pengertian fungsi
manajemen adalah serangkaian kegiatan yang dijalankan di dalam manajemen
berdasarkan fungsinya masing-masing dan mengikuti satu tahapan tertentu dalam
pelaksanaannya.
1. Perencanaan
(planning)
Perencanaan merupakan
langkah awal untuk mencapai tujuan perusahaan. perencanaan adalah penentuan
terlebih dahulu apa yang akan dikerjakan. Hal-hal yang harus direncanakan
misalnya : menetapkan tujuan dan target badan usaha, merumuskan strategi untuk
mencapai tujuan dan target tersebut, menentukan sumber-sumber daya yang
diperlukan, serta menetapkan strandar keberhasilan.
2. Pengorganisasian
(Organizing)
Untuk mencapai tujuan
sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, langkah selanjutnya adalah membuat
pembagian kerja sehingga menjadi sebuah struktur organisasi. Pengorganisasian
adalah pembagian tugas yang akan dikerjakan, dan pengembangan struktur
organisasi atau struktur perusahaan yang sesuai.
3. Penggerakan
(actuating)
Adalah tindakan yang
mengusahakan agar seseorang atau semua kelompok mau bekerja dengan senang hati
untuk melakukan tugas pekerjaannya, sesuai dengan tugas dan wewenang, untuk mencapai
tujuan yang dikehendaki secara efektif. Hal yang diperlukan untuk melaksanakan
fungsi penggerakan adalah kepemimpinan. Seorang pemimpin harus mampu memotivasi
dan membimbing karyawannya.
4. Pengendalian atau
Pengawasan (Controlling)
Controlling adalah
tindakan menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan, dengan cara
menemukan dan mengoreksi adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah
dicapai, dibandingkan dengan rencana kerja yang telah ditetapkan. Pengawasan
dilakukan untuk mengantisipasi kegagalan, mengoreksi, dan memberikan solusi.
Unsur-unsur Manajemen
Unsur manajemen (tools of manajemen) tersebut terdapat 6 unsur,
yaitu
1. Man (Tenaga Kerja Manusia)
2. Money (Uang yang diperlukan untuk mencapai tujuan)
3. Mathodes (Cara kerja atau sistem kerja yang digunakan untuk
mencapai tujuan)
4. Materials (Bahan-bahan yang diperlukan)
5. Machines (Mesin-mesin yang diperlukan untuk mencapai tujuan)
6. Market (Pasar atau pemasaran sebagai tempat untuk
memperjualbelikan hasil produksi)
Prinsip Manajemen
Prinsip Manajemen adalah suatu dalil umum yang dapat
disimpulkan dari proses menggerakkan orang-orang dan menggerakkan
fasilitas-fasilitas, yang berlaku sebagai dasar petunjuk bagi seseorang dalam
melakukan perbuatan-perbuatan atau menjalankan tindakannya untuk mencapai
tujuan yang dikehendaki
Satu-satunya yang
membahas mengenai prinsip-prinsip manajemen adalah Henry Fayol terdapat 14
prinsip, diantaranya : Pembagian Kerja (Disition of Labour), Kekuasaan
(wewenang) dan tanggung jawab (Authority and Responsibility), Disiplin
(Dicipline), Kesatuan perintah (unity of command), Kesatuan Arah (Unity
of Direction), Kepentingan individu harus berada di bawah kepentingan umum (
Subordinate of individual interest to general interest), Pembayaran upah yang
adil (remuneration of personal), Pemusatan (Sentralisation), Rantai Skala atau
Scalar Chain (line of authority), Tata tertib (order), Keadilan (equity),
Stabilitas pegawai (Stability 0f tenure of personal), Inisiatif (initiative),
dan Jiwa kesatuan (Esprits de corps).
Bidang-bidang Manajemen
Bidang-bidang dalam
manajemen sebagai berikut:
a. Manajemen Produksi adalah pelaksanaan kegiatan-kegiatan
manajerial seperti planning (perencanaan), Organizing (Pengorganisasian),
actuaiting (Penggerakan) dan Controlling (Pengawasan), terhadap sistem-sistem
produksi dengan tujuan agar produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.
b. Manajemen Pemasaran (Marketing Management) adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen
dalam kegiatan penciptaan dan penyerahan barang atau jasa kepada konsumen atau
masyarakat, agar dapat memperluas pasar bagi kemajuan suatu perusahaan ataupun
industri.
c. Manajemen Personalia atau Manajomen Sumber Daya Manusia (SDM) adalah seni dan ilmu
dalam perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dalam hal
pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian dan
pemeliharaan terhadap sumber daya manusia secara terpadu untuk mencapai tujuan
organisasi.
d. Manajemen Keuangan adalah aktivitas dari pada fungsi manajemen untuk menyediakan
segala kebutuhan finansial yang berkaitan dengan operasional perusahaan dan
organisasi.
e. Manajemen Administrasi/Akuntansi adalah cara mengajukan informasi mengenai
administrasi atau akuntansi sedemikian rupa sehingga dapat membantu manajemen
dalam menentukan garis-garis kebijaksanaan dan operasional sehari-hari dari
pada suatu usaha.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar