Pages

Senin, 01 Desember 2014

Cerpen : TEKADKU UNTUK BERBISNIS



hari  ini  adalah  hari  pertama  masuk  sekolah  di  sekolah  baruku.  Sekolah  yang  menurut  teman  temanku  terbaik  tapi  tidak  bagiku.  Semua  sekolah  sama  saja,  sama  sama  membosankan.
“hai  bro!”  sapa  seseorang  dari  belakang  yang  ternyata  sahabatku,  Andra.  “ngapain  kamu  bengong  disini,  ayo  masuk  kelas”,  lanjutnya.
“males”,  jawabku  singkat.
“males  kenapa  sih,  harusnya  kan  gembira  sama  seperti  yang  lainnya”
“aku  males  harus  sekolah  terus,  bosen  banget.  Hampir  semua  waktu  hidupku  dihabiskan  di  sekolah”
“halah,  kamu  ini.  Ayo  masuk  kelas,  nanti  kita  gak  kebagian  bangku”,  ajak  Andra  sambil  menarikku.
Tik  tok..  waktu  menunjukkan  pukul  7.  Saatnya  pelajaran  dimulai.  Suasana  kelaspun  menjadi  senyap  seketika  ketika  guru  memasuki  kelas.  Ternyata  guru  itu  adalah  wali  kelasku,  pak  Andi  namanya.  Penampilannya  tidak  terlalu  menarik  dan  membuatku  jadi  tidak  mempunyai  semangat  untuk  belajar  hari  ini.  Tetapi  untungnya,  di  hari  pertama  ini  tidak  ada  pelajaran  yang  harus  aku  pelajari.
Saat  pak  Andi  bercerita  tentang  dirinya,  tiba  tiba  dating  seorang  guru  yang  kata  Andra  dia  adalah  seorang  guru  BK  dan  membagikan  selembaran.  Selembaran  itu  berupa  angket  berisi  lintas  minat  yang  harus  aku  pilih.
“kamu  milih  lintas  minat  apa?”  Tanya  Andra  padaku.
“entahlah.  Memangnya  ini  buat  apa  sih,  nambah  pelajaran  saja”
“pilih  saja  apa  yang  kamu  mau.  Kalau  aku  milih  ekonomi”
“yasudahlah  samakan  saja  dengan  punyamu” ,  jawabku  dengan  tidak  bergairah.
Setelah  lama  aku  berada  di  sekolah  ini,  aku  semakin  merasa  nyaman  dengan  suasana  disini.  Dan  yang  menjadi  guru  favoritku  adalah  pak  Andi,  guru  yang  awalnya  tidak  begitu  aku  suka.  Beliau  mengajar  ekonomi,  lintas  minat  yang  telah  aku  pilih  waktu  itu.
Dari  dulu  aku  ingin  menjadi  seorang  pembisnis  sukses,  dan  keinginanku  untuk  berbisnis  semakin  besar  dengan  adanya  pelajaran  ekonomi  ini.  Pelajaran  yang  dulunya  tidak  aku  minati  malah  menjadi  pelajaran  yang  sangat  aku  senangi.
“aku  ingin  menjadi  pembisnis”,  bisikku  pada  Andra.
“sekolah  dulu  lah,  baru  berbisnis”,  jawab  Andra.
“itu  terlalu  lama,  kalau  aku  berbisnis  dari  sekarang,  aku  akan  mendapatkan  uang  banyak  dan  aku  tidak  perlu  pusing-pusing  sekolah  lagi”  kataku  bersemangat.
“terserah  kamu  deh”
Esoknya  aku  pergi  menemui  pak  Andi  di  ruangannya.  Maksudku  menemuinya  adalah  untuk  menanyakannya  tentang  bisnis.  Beliau  memberiku  saran  untuk  menuntut  ilmu  terlebih  dahulu  sebelum  terjun  di  dunia  bisnis  karena  sangat  berat  tantangannya  untuk  menjadi  seorang  pembisnis  yang  berhasil.  Tetapi  tekadku  sudah  tidak  bisa  ditunda  lagi  dan  akhirnya  pak  Andi  akan  membantuku  dengan  syarat  aku  harus  lebih  giat  lagi  belajar.
“pak,  bagaimana   jika  saya  memasukkan  kepiting  cangkang  lunak  di  restaurant restaurant  ?”  tanyaku.
“bisa  saja,  mengapa  kamu  memilih  kepiting  untuk  dijadikan  bisnis?
“bapak  kan  pernah  cerita  tentang  kepiting  asal  pinggir  papas  itu,  jadi  saya  ingin  menjadikannya  sebuah  bisnis  yang  nantinya  akan  berhasil  menembus  pasar  ekspor”
“jika  kamu  ingin  berbisnis,  itu  urusanmu  karena  kamu  masih  kelas  1  SMA,  saya  tidak  bertanggung   jawab,  tetapi  saya  akan  membantu  memperkenalkan  kamu  dengan  juragan kepiting  itu  yang  kebetulan  teman  saya”
“terima  kasih  banyak,  doakan  saya  semoga  berhasil  di  dunia  bisnis”,  kataku  dengan  perasaan  gembira.
Akhirnya  pertemuan  tersebut  tiba.  Aku  dan  juragan  kepiting  itu  berbicara  panjang  lebar.  Setelah  lama  berbincang,  kesepakatanpun  terpenuhi.  Tekadku  untuk  menjadi  pembisnis  tidak  terelakkan  lagi.
Aku  pun  sibuk  mempromosikan  kepiting  tersebut  di  beberapa  restaurant,  sampai  sampai  aku  tidak  terlalu  memperhatikan  urusan  sekolah.  Ternyata  menjadi  pembisnis  itu  tidak  mudah,  banyak  hambatan  yang  harus  dilalui.  Tapi  dengan  semangatku,  aku  akan  bisa  melaluinya  dengan  mudah  dan  segala  cita  citaku  tercapai.
Pembagian  raport  tinggal  3  hari  lagi,  semua  teman  temanku  merasa  cemas  akan  hal  itu  tapi  tidak  denganku,  aku  tidak  terlalu  memikirkan  hal  itu,  yang  aku  pikirkan  hanya  bisnis,  bisnis  dan  bisnis.
Tiba  tiba  ada  surat  panggilan  dari  BK  untukku.  Ternyata  panggilan  itu  membahas  nilai  nilai  sekolahku  selama  ini.  Aku  mendapatkan  nilai  yang  sangat  tidak  baik.  Akupun  menceritakan  sebabku  tidak  terlalu  memikirkan  sekolah  sehingga  mendapatkan  nilai  tersebut.  Guru  guru  tidak  menyetujui  apa  yang  telah  aku  lakukan  untuk  berbisnis,  mereka  memintaku  untuk  berhenti  berbisnis  dan  tetap  focus  untuk  sekolah.  Begitupun  keluargaku,  mereka  sangat  marah  padaku  dan  memintaku  untuk  berhenti  berbisnis.  Sebuah  tekanan  batin  yang  harus  aku  alami. 
“sudahlah  di,  hentikan  bisnismu  demi  sekolahmu”,  saran  temanku  Andra.
“aku  tidak  bisa  berhenti  begitu  saja setelah  usahaku  selama  ini”,  jawabku  gelisah.
“guru guru  dan  keluargamu  tidak  mendukung  hal  itu.  Lagi  pula  itu  bisa  membuat  nilaimu  semakin  berantakan”
“aku  tetap  tidak  bisa”
“nasib  baik  dari  pihak  sekolah  masih  memberimu  kesempatan  memperbaikinya,  jika  tidak  bagaimana?”
“aku  akan  buktikan  kalau  aku  bisa  memperbaiki  semua  nilaiku  meskipun  aku  tetap  harus  berbisnis”,  ujarku  penuh  keyakinan.
“baiklah,  semoga  saja  kamu  bisa  membagi  waktumu  dengan  baik”.
Dengan  kerja  kerasku  dan  tentunya  atas  izin  yang  Maha  Kuasa,  aku  bisa  memperbaiki  nilai  nilaiku  dan  dapat  menjalin  bisnis  dengan  salah  satu  restaurant.  Akhirnya  aku  mendapat  dukungan  dari  keluargaku  setelah  aku  bisa  membagi  waktu  dengan  baik  dan  juga  bisnisku  berjalan  dengan  baik.
Setelah  cukup  lama  aku  berbisnis,  ternyata  baru  terasa  hasilnya  ketika  sudah  mulai  berjalan  dengan  lancar.  Sekolah  sangat  diperlukan,  dengan  pelajaran  yang  aku  pelajari  di  sekolah,  sangat  membantu  bisnisku.  Sekarang  sudah  cukup  banyak  restaurant  di  kotaku  yang  telah  menerima  produk  bisnisku.  Dan  aku  bertekad  untuk  terus  melanjutkan  bisnisku  sampai  pasar  ekspor,  dan  tentunya  aku  tidak  akan  pernah  berhenti  sekolah,  aku  juga  akan  melanjutkan  sekolahku  setinggi  mungkin  sambil  berbisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar